METODE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
METODE
DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
Metode proses pembelajaran dalam pembelajran sejarah
biasanya dilakukan melalui metode ceramah. Metode ini banyak digunakan karena
metode ini adalah suatu metode pembelajaran yang
cara penyajian melalui penuturan (penjelasan lisan) oleh guru kepada
siswa. Dalam proses penggunaan Metode
ceramah ini biasanya dikaitkan pula dengan metode pengajaran lain, seperti
tanya jawab, diskusi, pemberian tugas dan lain
sebagainya. Selain itu dalam prosesnya guru juga bisa menjelaskan materi
pembelajaran dengan menggunakan media gambar yang disertai dengan penjelasan secara langsung. Hal ini dilakukan
agar siswa tidak merasa bosan ketika mendengar penjelasan guru. Dengan
mendengar, siswa diharapkan bisa merekam materi yang telah disampaikan oleh
guru.
· penggunaan metode ceramah
ini dilakukan dengan tujuan yang diantaranya :
1. agar perhatian siswa tetap terarah selama
penyajian berlangsung.
2. penyajian
materi pelajaran sistimatis (tidak berbelit- belit
3. untuk
merangsang siswa belajar aktif
4. untuk memberikan feed back (balikan)
5.
untuk memberikan motivasi belajar
·
Langkah-langkah
penggunaan Metode ceramah ini dalam pembelajaran sejarah
diantaranya melalui:
biasanya metode
ceramah ini
dilakukan secara bervariasi yang
disesuaikan dengan metode-metode lain yang dipakai secra bersamaan. Misalnya metode ceramah divariasikan
dengan penggunaan
metode tanya-jawab atau diskusi
sebagai variasinya.
Maka langkah yang dilakukan untuk menggunakan metode ini dengan cara:
1. Persiapan Materi
Pembelajaran
a. merumuskan tujuan pembelajaran khusus (TPK)
b. menyusun
urutan penyajian materi untuk mencapai tujuan pembelajaran khusus yang sudah
ditetapkan
c. merumuskan
materi ceramah secara garis besar
d. bila materi
ceramah terlalu luas, maka
materi harus dibagi lagimenjadi
beberapa penggalan
– penggalan materi
2. Pelaksanaan
a. Langkah awal dalam pelaksanaan
metode ini dilakukan dengan cara menjelaskan kepada siswa mengenai tujuan
pembelajaran khusus (TPK) yang ingin dicapai setelah proses pelajaran.
b. Ketika guru selesai menjelaskan tujuan
pembelajaran, kemudian guru menjelaskan kepada siswa mengenai pelaksanaan
metode ceramah yang
disertai
dengan tanya jawab, diskusi kelompok ataupun pembuatan laporan
kelas.
c.
Guru
membagikan
materi ceramah kepada siswa
d. Setelah membagikan materi ceramah
guru kemudian menyajikan materi ceramah
e. Setelah penyajian materi kemudian
guru melaksanakan Tanya jawab,
diskusi maupun pembagian kelompok – kelompok kecil.
f.
Guru mengkomunikasikan hal-hal yang harus didiskusikan
dalam kelompok kecil.
g. Pelaksanaan
diskusi kelompok dalam batas waktu yang sudah ditetapkan yang kemudian dilanjutkan dengan pelaporan hasil diskusi dimuka kelas.
h. Mengatur
jalannya penglasan oleh kelompok- kelompok yang lain
i.
Diskusi kelas berakhir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar