Senin, 04 Juni 2012

METODE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

METODE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Metode proses pembelajaran dalam pembelajran sejarah biasanya dilakukan melalui metode ceramah. Metode ini banyak digunakan karena metode ini adalah suatu metode pembelajaran yang cara penyajian melalui penuturan (penjelasan lisan) oleh guru kepada siswa.  Dalam proses penggunaan Metode ceramah ini biasanya dikaitkan pula dengan metode pengajaran lain, seperti tanya jawab, diskusi, pemberian tugas dan lain  sebagainya. Selain itu dalam prosesnya guru juga bisa menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan media gambar yang disertai dengan  penjelasan secara langsung. Hal ini dilakukan agar siswa tidak merasa bosan ketika mendengar penjelasan guru. Dengan mendengar, siswa diharapkan bisa merekam materi yang telah disampaikan oleh guru.

·    penggunaan metode ceramah ini dilakukan dengan tujuan yang diantaranya :

1.  agar perhatian siswa tetap terarah selama penyajian berlangsung.

2. penyajian materi pelajaran sistimatis (tidak berbelit- belit

3. untuk merangsang siswa belajar aktif

4.  untuk memberikan feed back (balikan)

5.  untuk memberikan motivasi belajar

·    Langkah-langkah penggunaan Metode ceramah ini dalam pembelajaran sejarah diantaranya melalui:

biasanya metode ceramah ini dilakukan secara bervariasi yang  disesuaikan dengan metode-metode lain yang dipakai secra bersamaan. Misalnya metode ceramah divariasikan dengan penggunaan metode tanya-jawab atau diskusi sebagai variasinya. Maka langkah yang dilakukan untuk menggunakan metode ini dengan cara:

1. Persiapan Materi Pembelajaran

a.  merumuskan tujuan pembelajaran khusus (TPK)

b. menyusun urutan penyajian materi untuk mencapai tujuan pembelajaran khusus yang sudah ditetapkan

c.  merumuskan materi ceramah secara garis besar

d. bila materi ceramah terlalu luas, maka materi harus dibagi lagimenjadi beberapa penggalan – penggalan materi

2. Pelaksanaan

a. Langkah awal dalam pelaksanaan metode ini dilakukan dengan cara menjelaskan kepada siswa mengenai tujuan pembelajaran khusus (TPK) yang ingin dicapai setelah proses pelajaran.

b. Ketika guru selesai menjelaskan tujuan pembelajaran, kemudian guru menjelaskan kepada siswa mengenai pelaksanaan metode ceramah yang disertai dengan tanya jawab, diskusi kelompok  ataupun pembuatan laporan kelas.

c.   Guru membagikan materi ceramah kepada siswa

d. Setelah membagikan materi ceramah guru kemudian menyajikan materi ceramah

e. Setelah penyajian materi kemudian guru melaksanakan Tanya jawab, diskusi maupun pembagian kelompok – kelompok kecil.

f.    Guru mengkomunikasikan hal-hal yang harus didiskusikan dalam kelompok kecil.

g. Pelaksanaan diskusi kelompok dalam batas waktu yang sudah ditetapkan yang kemudian dilanjutkan dengan pelaporan hasil diskusi dimuka kelas.

h. Mengatur jalannya penglasan oleh kelompok- kelompok yang lain

i.    Diskusi kelas berakhir

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar